Senin, 12 Januari 2015

LATIHAN SOAL KELAS XI

Dalam suatu diskusi seorang peserta menanggapi pendapat seorang pembicara, “Jika memperhatikan status OSIS dan Kosis, saya berkesimpulan bahwa tampaknya Kosis mempunyai dasar hukum yang lebih kuat daripada OSIS. Bagaimana menurut Anda?” 1. Kalimat jawaban yang tepat untuk tanggapan peserta di atas adalah…. a. Maaf, Saudara kurang memperhatikan penjelasan saya. b. Rupanya Saudara kurang bisa memahami penjelasan saya. c. Pertanayaan Saudara tidak perlu saya jawab sebab semuanya sudah jelas d. Pertanyaan Saudara saya tampung dulu apabila ada waktu akan saya jawab e. Analisis Saudara tentang status OSIS dan Kopsis memang benar. Ternyata pandangan Saudara sejalan dengan saya 2. Kalimat yang paling santun sesuai dengan tata cara diskusi dalam menolak pendapat seorang peserta diskusi ialah….. a. Maaf, Saudara Abas, saya kurang setuju dengan pendapat Saudara. b. Maaf, Saudara Abas, terus terang saja saya kurang setuju dengan pendapat Saudara. c. Saudara-saudara peserta diskusi, sebaiknya kita tolak saja pendapat Saudara Abas. d. Maaf, Saudara Abas, saya berkeberatan dengan pendapat Saudara jika Saudara tidak memberikan bukti konkritnya. e. Selama Saudara Abas tidak memberikan bukti konkritnya, saya tidak akan menerima pendapatnya 3. Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menjadi peserta diskusi/seminar adalah..... a. menguasai masalah yang didiskusikan b. mencari relasi sebanyak mungkin c. mencurigai apa maksud pembicara terhadap pendengar d. mengemukakan gagasan utama dan gagasan pendukung e. mengajukan beberapa usul dan kritik 4. Saudara-saudara peserta rapat, menggaris-bawahi tentang pelaksanaan ekstrakulikuler kesenian, saya minta kegiatan tersebut lebih banyak menekankan praktik. Tanggapan tersebut merupakan suatu...... a. sanggahan b. protes c. pendapat d. penilaian e. usulan 5. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyampaian tanggapan adalah, kecuali.... a. relevan dengan masalah yang ditanggapi b. keluasan dan kedalaman tanggapan c. pemihakan pada salah satu pembicara d. kebenaran isi tanggapan e. kejelasan dalam penyampaianya 6. Kritikan yang disampaikan dengan benar adalah.... a. Kamu ini berani-beraninya berbicara kasar di depan Pak guru. Lain kali perbuatan itu jangan kamu lakukan lagi b. Kalau rencana tersebut kita laksanakan, pasti kita kalah. Oleh karena itu, lupakanlah rencana tersebut c. Makalah kalian harus dirombak total. Sistematikanya tidak sesuai dengan yang telah sepakati kemarin d. Kurang tepat apabila karya wisata kita dilakukan minggu-minggu ini. Sebagaimana yang kita maklumi bahwa sekarang ini musim hujan e. Saudara jangan ingin menang sendiri dalam berpendapat. Hargailah pendapat-pendapat orang lain 7. Tanggapan yang mendukung hasil penelitian adalah.... a. Rasanya penelitian ini cukup bermanfaat bagi perkembangan pemasaran produk kita b. Saya sangat suka jika penelitian seperti ini dilakukan secara rutin c. Hasil penelitian ini cukup objektif dan dapat dijadikan bahan introspeksi perusahaan d. Bagaimana mungkin penelitian itu akan dilaksanakan? e. Hasil penelitian ini mencerminkan pemborosan biaya saja

2 komentar: